Tupai Terbang

MasJawa.com – Tupai terbang memang memiliki kemiripan sugar glider atau tupai SG adalah jenis hewan yang masih dalam keluarga tupai dengan ciri-ciri yang hampir sama. Adapun jenis-jenis tupai yang masih dalam keluarga ini tapi paling banyak diminati adalah:

  1. Tupai terbang Jawa
  2. Tupai terbang Kalimantan
  3. Tupai terbang Papua

Jadi yang mana yang anda suka? saya pribadi menyukai tupai yang memiliki bulu tebal serta mata gelap yang besar tapi dengan kriteria tertentu. Dikarenakan mereka adalah jenis hewan nokturnal atau aktif pada malam hari, anda harus tau jika tidur anda mungkin akan sedikit terganggu karena hewan ini banyak tingkah.

makanan tupai terbang
Gambar tupai yang sedang memakan kacang-nya

Banyak juga teman saya yang mencoba menanyakan perihal harga dari hewan lucu ini. Menurut saya, teman-teman tupai lover harus mengerti perbedaan dari tupai jenis ini dan sugar glider, karena tak jarang ada pedagang nakal yang tak segan meraup keuntungan dari ketidak tahuan kita, seperti pengalaman pahit saya membeli SG namun diberikan tupai terbang.

 

Tupai Terbang

Jika dilihat dari segi geografisnya, di Indonesia sendiri tupai ini hampir ada di tiap-tiap pulau besar dari ujung timur hingga barat, mulai dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi. Hewan menggemaskan ini memiliki mata berwarna gelap yang besar dan juga bulu yang sangat tebal.

Baca juga artikel saya tentang:

Ciri utama pada hewan nokturnal ini jelas seperti namanya, memiliki membran tipis di antara kaki belakang hingga kaki depan dan ditutupi dengan bulu yang digunakan untuk menahan diri di udara saat sedang jatuh dari ketinggian dan seakan terbang. Dari sinilah orang-orang mulai menamainya tupai terbang.

 

 

Fakta Tupai Terbang

Ukuran terbesar yang pernah ditemukan dalam spesies mereka adalah tupai berbulu atau yang namanya wolly flying squirrel dan Eupetaurus Cinereus nama latinnya. Hingga saat ini diketahui ada sekitar 15 genus dari tupai itu sendiri, di antaranya:

  1. Aeretes,
  2. Aeromys,
  3. Belomys,
  4. Biswamoyopterus,
  5. Eoglaucomys,
  6. Eupetaurus,
  7. Glaucomys,
  8. Hylopetes,
  9. Iomys,
  10. Petaurillus,
  11. Petaurista,
  12. Petinomys,
  13. Pteromys,
  14. Pteromyscus, dan
  15. Trogopterus.

Habitat seekor tupai juga tergantung jenis dan letak geografis-nya. Sebagai contoh, Glaucomys Volans yang bisa ditemukan di daerah timur dan selatan Amerika Serikat.

 

Harga Tupai Terbang

Tupai terbang harganya bisa sangat mahal tergantung dari jenis, corak warna, keluarganya atau bahkan karena tinkat jinak-nya. Berikut daftar harga tupai terbang terbaru versi kami dari sugar glider, tupai terbang biasa hingga albino

NoKeteranganHarga*/ Ekor
1Sugar glider albinoRp 10.000.000 – 15.000.000
2Sugar glider classic greyRp 250.000 – 350.000
3Sugar glider leucisticRp 10.000.000 – 15.000.000
4Sugar glider mosaicRp 5.000.000 – 8.000.000
5Sugar glider white faceRp 3.000.000 – 6.000.000
6Sugar glider white tipRp 5.000.000 – 8.000.000
7Tupai kelapaRp 25.000 – 50.000

*Mohon kebijaksanaan-nya teman-teman untuk memahami bahwa situs kami terus mengikuti update harga pasar, sehingga ada kemungkinan harga tercantum di atas dapat berubah sewaktu-waktu.

 

Penyebaran Tupai Terbang

Tupai ini umumnya berkembang biak dalam kurun waktu setahun sekali dan biasanya juga hanya pada pertengahan tahun (kisaran bulan Mei atau Juni).

Masa kehamilan seekor tupai jenis terbang berkisar 40 hingga 43 hari dan dapat melahirkan 2 sampai 6 ekor sekaligus, induk betina akan melindungi anak-anaknya hingga mampu meninggalkan sarang mereka sendiri, namun pejantan tidak mengurusnya.

Di Indonesia sendiri, tupai terbang atau flying squirrel penyebarannya cukup luas, contohnya adalah tupai terbang Sumatera yang mendiami hutan di Sumatera yang dikenal dengan nama Hylopetes Winstoni.

tupai terbang jawa
Gambar tupai terbang Jawa dan anaknya yang masih kecil

Bayi tupai jenis ini terlahir tanpa bulu, kulit merah tipis, berat 4-6 gram, panjang sekitar 60mm dan matanya tertutup. Setelah berjalan 2 minggu, biasanya berat akan bertambah. Begitu seterusnya hingga pada minggu-minggu selanjutnya mereka akan mulai berlatih melompat dan melayang.

Setelah berjalan 7 minggu, artinya sudah waktunya untuk flying squirrel ini meninggalkan safe zonenya dan mengenal dunia luar yang kejam. Awal seekor tupai berhasil melompat mungkin hanya sekitar 2 meter, itupun mereka masih belajar, butuh waktu 1 tahun untuk seekor tupai bisa mandiri terhitung dari bulan kelahirannya.

 

Sugar Glider vs Tupai Terbang

Untuk teman-teman tupai lover, berikut saran saya untuk membedakan antara hewan lucu yang satu ini dengan sugar glider, jaga-jaga saja agar teman-teman tidak mengalami nasib sama seperti saya sewaktu dulu.

sugar glider
Gambar sugar glider yang memiliki garis kontras di kepala

Adapun perbedaan antara tupai terbang dan sugar glider adalah:

  • Sugar glider memiliki ciri khusus berupa garis berwarna hitam dari ujung kepala hingga ekor, sedangkan TupTer tidak, meskipun keduanya memiliki warna dasar keabu-abuan yang kontras.
  • Dari wajah, TupTer memiliki wajah mirip bajing kelapa sedangkan GS lebih mirip ke hewan kuskus.
  • Dari ekornya, SG seakan membulat dan naik ke atas sedangkan TupTer mengembang dan datar saja.
  • Dari harga, SG lebih mahal ketimbang TupTer
  • SG memiliki kelenjar bau, jadi bagi teman-teman yang awam cobalah menciumnya sedikit

Kesalahan saya dulu adalah hanya dengan melihatnya saja dan tau bahwa hewan tersebut bisa terbang, tapi ternyata yang saya dapatkan bukanlah tupai terbang melainkan sugar glider.

 

Klasifikasi Tupai Terbang

Nah teman-teman yang sedang duduk di bangku sekolah pasti tau nih bedanya dimana, berikut perbedaan dari segi klasifikasi mengenai tupai jenis ini dengan sugar glider.
Klasifikasi Tupai TerbangKlasifikasi Sugar Glider
Kingdom: AnimaliaKingdom: Animalia
Filum: ChordataFilum: Chordata
Class: MamaliaClass: Mamalia
Ordo: RodentiaOrdo: Diprotodontia
Family: SciuridaeFamily: Petauridae
Genus: GlaucomysGenus: Petaurus
Spesies: VolansSpesies: Breviceps

 

Jadi, bagaimana? apakah teman-teman tertarik untuk memelihara tupai terbang ini? Jika iya mungkin teman-teman ingin mencoba membelinya dengan harga yang tidak terlalu mahal, jika teman-teman ingin mencoba membeli dari saya jangan takut untuk mengontak saya langsung ya.

Leave a Comment