Tupai Kekes

MasJawa.com – Hewan yang masih termasuk dalam keluarga tupai ini disebut tupai kekes atau kikis di daerahnya, di daerah Sunda sendiri, nama yang digunakan untuk menyebut hewan ini adalah kekes dan di luar Indonesia nama Inggrisnya menjadi Javan Treeshrew.

Tupai jenis ini memiliki ciri khas badan yang mungil dengan tubuh yang memanjang, berkisar 11 hingga 15 cm dan ekor 18 cm. Hewan ini memiliki wajah yang kalem dan bulat memancung. Bulunya coklat terang seperti kopi dengan beberapa corak seperti tupai kelapa dengan bintik-bintik kehitaman.

 

Tupai Kekes

Jika dilihat sekilas aktifitas tupai kekes ini mirip dengan tupai jenis lainnya dan susah dibedakan dengan tupai atau bajing kelapa, terlebih keduanya memiliki bentuk tubuh yang hampir sama dan warna yang mirip juga.

tupai kekes
Gambar tupai kekes kecil untuk dijual

Tupai jenis ini lebih pemalu, ia senang menghabiskan waktunya mencari makan di pepohonan kecil yang terbuka. Makanannya antara lain seperti.

  • Buah-buahan halus
  • Hewan kecil
  • Sayur
  • Serangga

Selain itu, tupai ini juga sering mengunjungi pepohonan yang mati untuk mencari makanannya, serangga dan ia juga makan kulit kayu yang kering loh. Tupai ini berdomisili di banyak pulai di Indonesia, antara lain: Jawa, Bali, Sumatera, hingga Pulau Nias.

 

Makanan Tupai Kekes

Secara faktanya, jika teman-teman memberikan makanan apapun selama masih masuk kedalam mulut si tupai, apalagi jika itu jenis  tupai kekes dewasa liar bukan tupai kekes jinak ia akan memakan apapun karena di alam liarnya ia tak mengenal untuk memilih milih makanan, mulai dari sayur sisa, potongan buah, daun hingga larva serangga sekalipun, tapi apakah anda tega seperti itu?

kandang tupai kekes
Selain makanan, kandang tupai kekes juga harus terawat

Berikut makanan tupai kekes terbaik:

  • Kelapa
  • Nasi
  • Pepaya
  • Durian
  • Roti
  • Rambutan
  • Jambu.

Ketika ingin memberikan makanan kepada peliharaan, ada baiknya tidak berlebihan. Dalam arti, kita harus secukupnya, bukan sedikit-sedikit agar si tupai juga tidak menjadi malas dan lemot, saya pribadi memberikan makanan ketika si tupai mulai galau dan loncat kesana kemari, yang menandakan ia lapar.

Baca juga artikel saya lainnya tentang:

Selain makanan, jangan lupa untuk memperhatikan stok minuman ya tupai lovers, tentunya nutrisi yang cukup membantu perkembangan si tupai agar menjadi lebih baik, jadi selalu perhatikan stok air yang terdapat di kandang tupai kekes sobat sekalian.

 

Kerabat Tupai Kekes

Dalam kesehariannya, tupai ini hidup berdampingan dengan beberapa kerabatnya, antara lain:

Tupai akar

Seperti namanya, ia menghabiskan waktunya di daratan untuk menyusuri kayu-kayu yang tumbang. Memiliki ukuran lebih besar dibandingkan tupai jenis lainnya dan warnanya cenderung lebih merah

Tupai Kecil

Seperti namanya, tupai ini memiliki ukuran kecil, ekor kurus panjang dengan ujung yang berwarna gelap. Hewan ini menyebar di Sumatera, Borneo hingga menyentuh Malaya.

Teman-teman tupai lovers juga harus tau, kenapa kebanyakan tupai menghabiskan waktunya di berbeda-beda habitat, semisal tupai terbang yang aktif pada malam, sedangkan tupai jenis lainnya tidak.

 

Klasifikasi Tupai Kekes

Tabel ini saya ambil dari situs wikipedia langsung, untuk teman-teman yang masih duduk di bangku sekolah mungkin masih membutuhkan ini, semoga membantu.

Tabel Klasifikasi Tupai Kekes
Kingdom:Animalia
Filum:Chordata
Kelas:Mammalia
Ordo:Scandentia
Famili:Tupaiidae
Genus:Tupaia
Spesies:T. javanica

 

Jadi, bagaimana perasaan sobat tupai lovers setelah membaca artikel ini? apakah tertarik memelihara salah satu jenis tupai saat ini? jangan ragu untuk menanyakan saya atau tulis di komentar langsung, share juga pengalaman sobat tentang lomba disini agar menjadi inspirasi lainnya.

Leave a Comment