Tupai Akar

MasJawa.com – Tupai akar adalah mamalia kecil yang masuk kedalam keluarga yang sama dengan hewan tupai lainnya. Hewan kecil ini mudah di temukan di wilayah Indonesia karena penyebarannya di hutan-hutan Indonesia yang cukup banyak. Adapun beberapa daerah besar tempat hewan ini ditemukan seperti di

  1. Sumatera
  2. Jawa
  3. Kalimantan
  4. Pawalan

Beberapa orang juga memanggilnya dengan sebutan tupai tanah karena warnanya yang agak gelap dan terkesan kusam seperti warna tanah yang kurang subur.

Terlepas dari itu semua, tupai akar ini memiliki tubuh yang relatif lebih besar jika dibandingkan dengan tupai lainnya (dalam kasus seumuran), setidaknya badan tupai ini memiliki ukuran 200mm dengan berat badan hingga mencapai 200g dan kaki belakang sepanjang 50mm.

 

Tupai Akar

Tupai akar memiliki tubuh berbulu tipis tapi banyak berwarna coklat kemerah-merahan dan warna hitam pada bagian ekornya. Bagian perut dari hewan ini berwarna abu-abu kekuningan, sedangkan untuk ciri khas yang bisa anda lihat adalah pada bagian bahunya terdapat garis berwarna pucat.

tupai akar
Gambar tupai akar menguap

Bagian tubuh bagian bawah ekornya tidak terdapat bulu jadi seakan bulunya hanya terdapat pada bagian atasnya saja dan pipih. Tupai ini memiliki aktifitas seakan tidak terlihat karena sulit untuk ditemukan.

Tupai jenis ini adalah hewan yang aktif pada waktu siang hari, bukan nocturnal. Seperti layaknya kelinci, tupai akar hidup berdamping-dampingan satu dengan lain dan memiliki wilayah kekuasaan yang harus ia jaga secara ketat. Sobat tupai lovers bisa menemukan tupai jenis ini di sekitar pepohonan yang roboh atau tumbang di sela-sela dahan.

 

Habitat Tupai Akar

Seperti yang sudah saya sindir di atas, tupai ini bisa teman-teman temukan di sela-sela pepohonan yang tumbang dan wilayah terpapar dengan pohon yang sedikit. Seperti namanya, ia lebih sering menghabiskan waktu di lapangan terbuka untuk mencari makanan, karena makanannya juga sedikit ekstrim.

foto tupai akar
Foto tupai akar pada malam hari

Hewan sejenis tikus ini sering ditemui berlokasi di beberapa hutan besar di Indonesia, baik itu dataran rendah ataupun dataran tinggi yang kurang dari 1500 meter dpl. Terkadang mereka juga bisa ditemukan di ladang perkebunan di wilayah seperti Jawa dan Kalimantan dan dianggap seperti hama oleh penduduk.

Baca juga artikel saya tentang

Di beberapa daerah juga biasanya tupai jenis ini bisa ditemukan dalam hutan primer, namun kita juga bisa melihatnya di perkebunan, pepohonan sekitar perumahan hingga kebun buah meskipun hanya lewat sebentar.

 

Makanan Tupai Akar

Tupai akar menyukai makanan seperti hewan serangga kecil, seperti:

  • Semut
  • Rayap
  • Jangkrik
  • Kumbang
  • Laba-laba
  • Kadal dan tikus kecil

Teruntuk teman-teman yang ingin merawat hewan ini, tentunya mungkin ada yang tidak akrab dengan hewan berkaki lebih dari 4, oleh karena itu saya sarankan untuk memberikan makanan seperti buah-buahan atau biji-bijian dan tunas tanaman.

Leave a Comment