Tokek Rumah

MasJawa.com – Tokek rumah tentunya adalah jenis hewan yang biasanya sering muncul pada waktu malam hari, mereka biasanya muncul dari arah jendela atau sela-sela atap langit yang berlubang. Kemunculannya seringkali dijadikan sebuah pertanda dengan kejadian tertentu, tak jarang hewan ini juga dianggap ada hubungannya dengan hal mistis.

Misteri tokek di rumah tak berhenti sampai disitu saja, banyak orang yang percaya jika hewan ini juga merupakan perwujud-an dari makhluk gaib yang sedang mengawasi, tak jarang juga kita mendengar suara khasnya namun tidak ada hewannya, ada juga yang beranggapan bahwa tokek rumah bisa membawa kekayaan, namun itu hanyalah kepercayaan beberapa orang saja.

 

Tokek Rumah

Tokek rumah sebenarnya adalah hewan yang diam dan tidak agresif selama ia tidak diganggu dan tidak merasa terusik, jenis tokek rumah ini bermacam-macam namanya dan harganya juga variatif. Tokek rumahan biasanya memiliki tubuh yang panjang namun kecil (tidak gemuk) dengan warna tubuh yang relatif pucat dan berbintik.

jenis tokek rumah
tokek kecil yang panjang

Dilihat dari segi ilmiahnya, tokek rumah lebih dikenal dengan nama Gekko Gecko dan kebanyakan dari masyarakat menyebut “Tokek” mengacu kepada hewan unik ini. Seperti hewan reptil lainnya, gekko memakan hewan kecil seperti serangga dan hewan kecil lainnya.

Ciri mendasar yang ada pada hewan ini yaitu:

  • Bagian tubuhnya kasar
  • Memiliki banyak bintik
  • Bagian perut berwarna lebih pucat
  • Terdapat bagian membulat pada ekor.

Pada bagian kakinya ia memiliki semacam selaput bantalan yang seakan menghisap apapun yang menyentuhnya, bantal ini disebut scansor. Bagian ini terletak pada bagian bawah jari, bahkan kaca sekalipun bukanlah masalah bagi tokek rumahan untuk menempelkan diri.

 

Aktifitas Tokek Rumah

Tokek rumah sangat mudah ditemukan di pepohonan yang masih dekat dengan lingkungan rumah (sangat kecil kemungkinan-nya ditemukan di perkotaan) terutama daerah-daerah yang masih pedesaan atau berdekatan dengan hutan. Suara dari hewan ini juga sangat mudah dikenali, mereka bersuara “tokke…. tokke… tokke…” dan mungkin inilah juga yang menjadi dasar penamaan tokek itu sendiri.

tokek rumah
Tokek dengan ukuran yang cukup besar

Makanan tokek rumah juga beragam, sempat disindir sebelumnya yaitu serangga. Tak jarang hewan reptil ini juga kerap memangsa cicak kecil, tikus bahkan seekor burung kecil juga mampu ia makan. Tokek jenis ini umumnya beraktifitas pada malam hari, itulah mengapa kita lebih sering menjumpainya pada malam hari dan tidak berkaitan dengan hal-hal aneh.

Layaknya cicak, tokek memang biasanya muncul dari bagian atas rumah (lubang dinding, ventilasi, jendela, langit) tapi ia tak segan untuk turun ke bawah untuk mengejar dan mendapatkan makanannya. Hati-hati karena gerakannya juga cukup cepat jadi mungkin kalian akan sedikit kaget ketika ingin mendekatinya.

 

Reproduksi Tokek Rumah

Tentu banyak dari kita yang penasaran bagaimana tokek berkembang biak dan dimanakah telur-telur mereka padahal banyak tokek kecil yang berkeliaran di rumah kita. Dikarenakan ia aktif pada saat malam hari, pada waktu siang datang tokek bersembunyi di bagian rumah yang gelap.

Bagian rumah yang gelap itu sendiri bisa saja di sela-sela kayu, tembok, di gudang, langit-langit rumah, sela-sela lemari dan masih banyak lagi kemungkinan tempat persembunyian hewan reptil ini. Untuk berkembang biak, tokek betina akan melekatkan telurnya yang biasanya berpasang-pasang dan saling melekat.

Lokasi yang biasa dijadikan peletakkan telurnya sendiri seperti celah lubang pohon, retakan batu atau dinding, di bawah atap. Jika ada satu lokasi yang dijadikan tempat bertelur, biasanya tokek yang lainnya juga akan meletakkan telur mereka di tempat yang sama (mungkin naluri hewan yang menganggapnya aman).

Setelah 2 bulan atau lebih, telur tokek rumah ini akan menetas dan menjadi tokek kecil. Penyebaran reptil diyakini pada awalnya dimulai dari penyebarannya di India Timur, lalu ke Myanmar dan akhirnya masuk ke Indonesia dan seterusnya hingga Filipina dll.

 

Harga Tokek Rumah

Di pulau Jawa sendiri, umumnya hewan ini ditangkap dan nantinya dijual kepada kolektor hewan atau pet shop. Jangan salah karena ada juga membayar hewan ini dengan harga mahal loh. Harga tokek rumah bintik merah sekitar Rp 450.000 dengan panjang 25 cm.

misteri tokek di rumah
Harga tergantung jenis tokek rumah

Terakhir kali saya mendapat info di facebook ada yang menjual tokeknya dengan ciri warna abu cerah, berbintik merah / orange, dan ekor tikus / ekor pecut dengan panjang 42.5 cm. Tak tanggung-tanggung tiap penjualannya bernilai 15 Milyar dengan materai 6.000 sebagai pelengkapnya, bagaimana jika tokek rumah 45 cm panjangnya, ya?

Berikut tabel daftar harga tokek rumah bintik merah

NamaHarga
Tokek Rumah Bintik Merah 25cm (Liar)Rp 450.000
Tokek Rumah Bintik Merah 25 cm (Rawat)Rp 800.000
Tokek Rumah Bintik Merah 28 CmRp 1.000.000

Lain jenis, lain tempat, lain penamaan tentu lain juga harganya. Hati-hati karena bagi sobat pembaca yang masih awam ada baiknya meminta bantuan kepada teman atau orang kepercayaan yang memang mengetahui betul tentang hewan reptil unik yang satu ini.

 

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk memelihara reptil ini? semoga foto tokek rumah sudah memenuhi rasa puas anda mengenal tokek lebih dalam, sekian dan terimakaish.

Leave a Comment