Cara Mengolah Okra

MasJawa.com – Hai teman-teman, yuk mengenal lebih dekat tentang tanaman Okra, ternyata Okra merupakan jenis kapas dan durian loh ternyata. Okra merupakan sayuran yang sering disebut dengan nama Jari Wanit, hayoo pastinya pernah denger nama ini, bhendi, gumbo, bamia tapi kadang ada juga yang memanggilnya bhindi.

Sayuran atau tanaman Okra juga dapat tunggu hingga mencapai tinggi 180 cm dan nantinya bisa berbunga dengan warna cantik putih dan kuning. Batang dari sayur Okra ini memiliki ukuran 17 cm dan posisinya paling baik dipanen ketika dagingnya sudah lunak.

 

Tanaman Okra

Okra telah lama menjadi makanan favorit yang dikonsumsi untuk alasan kesehatan. Banyak sekali zat positif yang terkandung dalam Okra ini serperti potassium, vitamin B, vitamin C, Calcium, dan juga folic acid. Selain itu Okra juga rendah kalori dan cocok untuk makan diet fiber untuk wanita loh.

cara mengolah okra
Sayuran okra

Okra juga telah dikenal sebagai tanaman yang bermanfaat dalam hal menurunkan resiko kanker (dari segi kesehatan) dan juga menjaga kadar gula agar tidak terlalu tinggi, hal ini sangat ditakuti bagi teman-teman kita yang mengidap penyakit diabetes.

Kenapa Okra harus segera dipanen setelah dagingnya lunak? karena jika tidak segera dipanen dagingnya akan segera mengeras dan terasa samar. Sayuran ini banyak tumbuh di Asia tenggara, India hingga Timur Tengah.

 

Fakta Kandungan Okra

Ada beberapa fakta menakjubkan yang ternyata bisa kita temukan di dalam sayuran dengan tekstur berlendir dan lengket ini. Namun sangat disayangkan, hanya segelintir orang saja yang menyukai rasa dari Okra. Apakah kalian termasuk? berikut fakta yang ada dalam Okra

  1. Okra diyakini mampu untuk mengurangi resiko penyakit diabetes karena mampu menstabilkan kadar gula yang ada di dalam darah.
  2. Okra merupakan bahan makanan yang baik untuk diet karena ia kaya akan serat yang alami.
  3. Okra merupakan sumber dari kalsium yang baik untuk tubuh.
  4. Okra merupakan sumber antioksidan yang baik dan bermanfaat bagi kesehatan
  5. Biji Okra yang dipanggang dapat memberikan efek yang baik pada kadar gula darah, kita bisa mengkonsumsinya dengan cara diminum selain dimakan, caranya adalah dengan merendamnya selama semalam.
  6. Lendir yang ada pada Okra juga membantu untuk mencegah konstipasi.

Dengan kandungan Okra danĀ  berbagai manfaat yang baik untuk tubuh, sangat disayangkan bukan jika kita tidak bisa menentukan cara mengolah Okra yang baik agar hal positif yang ada pada Okra tidak terbuang.

 

Cara Mengolah Okra

Gimana sih cara mengolah okra yang benar? beberapa resep memang cocok jika digunakan untuk memasak Okra, tapi terkadang sayuran ini menjadi berlendir dan rasanya jadi kurang bersahabat. Sebetulnya ada beberapa resep lain yang bisa kita gunakan untuk menghasilkan Okra yang tidak berlendir, berikut caranya.

Memilih Bahan

Sebelum mulai memasak, pastinya kita harus menentukan bahan yang akan digunakan untuk memasak. Meskipun Okra berbulu dan berlendir, ternyata ada juga ciri untuk membedakan bahan terbaik. Okra yang lebih tua dan besar, ternyata kurang enak untuk dijadikan bahan. Jika ada yang lebih muda, lebih baik gunakan yang itu.

  • Pilihlah Okra yang memiliki bentuk baik, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil ( ukuran 7 – 8 cm ).
  • Pilihlah Okra yang memiliki fisik mulus, tidak berkerut dan tidak berwarna kecoklatan.
  • Pilihlah Okra yang mudah patah, hal ini dilakukan untuk menandakan bahwa sayur Okra tersebut dalam kondisi segar.

Okra yang berukuran terlalu besar, biasanya sudah tua dan rasanya mulai hambar dan keras sedangkan Okra yang tidak segar akan layu dan sulit dipotong. Saat akan dimasak-pun kulitnya yang renyah akan berbeda rasanya.

 

Mengolah Bahan

Selama proses mengolah hingga memasak, Okra akan terus mengeluarkan lendir secara alami jika dipotong dan saat bersentuhan dengan panas. Memang baik untuk kesehatan, tapi hanya sedikit saja yang memanfaatkan cara mengolah okra untuk menurunkan berat badan dan mau memakannya.

sayuran okra
Okra yang telah dipotong-potong

Supaya ada gambaran, berikut beberapa hal yang disarankan sebelum memasak Okra, seperti:

  • Jangan mencuci Okra jika hanya disimpan. Segeralah masak sayuran hijau ini setelah selesai dicuci karena ia akan lebih banyak menghasilkan lendir dan mudah busuk setelah dicuci. Agar tetap renyah saat dimasak, ada baiknya jika menyimpan Okra jika memang tidak ingin diolah dan simpan pada suhu ruangan,
  • Masak secara utuh merupakan salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk mencegah lendir keluar dari sayuran. Jangan lupa untuk membersikan bulu-bulu halus yang ada pada permukaan kulit Okra.
  • Memotong Okra dalam keadaan beku. Cara ini memang lama tapi setidaknya mampu untuk mencegah lendir keluar berlebihan dari Okra, cara membekukannya juga tidak sembarangan. Bekukan Okra setelah dicuci terlebih dahulu agar ada air yang melapisi dan dalam keadaan bersih dari bulu.
  • Digoreng tepung adalah salah satu cara untuk menghasilkan Okra kering dan tidak berlendir, karena adanya tepung ini tentunya akan mengurangi rasa dari lendir yang mengganggu.

Jika kita ingin memasaknya dengan cara digoreng, pastikan untuk terus mengaduknya agar matangnya merata dan juga menghentikan aliran lendir dari Okra itu sendiri.

 

Kenapa Okra Berlendir?

Sayuran Okra yang berbentuk seperti cabai panjang ini memang menarik dan nikmat jika disuguhkan dengan benar. Namun, jika salah memasaknya Okra akan semakin menjadi-jadi licinnya karena banyak mengeluarkan lendir, lendir yang keluar ini tak lain disebabkan karena adanya zat residu gula yang dikenal dengan exopolysaccharides dan glikoprotein yang ada pada Okra.

Untuk mengakalinya, beberapa orang menggunakan cara “aman” untuk mengolah sayuran hijau berlendir ini dengan cara direbus atau disup atau disemur, hal ini dikarenakan lendirnya bisa dimanfaatkan untuk membuat kuahnya semakin kental. Kita juga memasaknya dengan cara cepat menggunakan suhu tinggi dan stabil, rasanya halus seperti terong.

Salah satu tips yang bisa kita gunakan adalah dengan cara merendam Okra dalam air cuka selama 30 menit untuk mengurangi kelembutannya. Tapi setelah itu pastikan Okra benar-benar kering untuk diolah menjadi makanan ringan.

Sekian cara mengolah buah Okra dari saya, semoga bermanfaat dan terimakasih.

 

Sumber

Leave a Comment