Cara Menggunakan Kompas

MasJawa.com – Mempelajari cara menggunakan kompas mungkin bagi beberapa orang masih sepele, tapi bagi teman-teman yang suka bepergian keluar dan menyatu dengan alam, hal kecil seperti bagaimana cara menggunakan kompas adalah sesuatu yang bisa dibanggakan, karena selain berfungsi sebagai penunjuk jalan, kalian tentu akan lebih sering diajak keluar.

Sebelum teman-teman mempelajarinya ada baiknya untuk lebih mengenal dulu yuk sebenarnya apa itu kompas dan kegunaannya. Sebetulnya, alat apapun itu yang memiliki batangan atau jarum magnetik yang secara bebas menunjuk arah utara dari suatu magnetosfer sebuah planet, bisa dianggap sebagai kompas atau kompas magnetik.

cara menggunakan kompas di android
aplikasi kompas di android

Kompas magnetik awal mula ditemukan adalah ketika digunakan sebagai perlengkapan untuk meramal pada awal masa Dinasti Han Tiongkok. Setelah itu, diadopsi untuk dipergunakan sebagai alat navigasi oleh Dinasti Song selama beberapa abad. Di Eropa sendiri, kompas pertama kali dipergunakan pada sekitar awal abad ke-13.

 

Apa itu Kompas?

Kompas adalah seuah alat yang dimanfaatkan untuk kepentingan navigasi (menetukan arah) yang dimana akan ada sebuah anak panah (penunjuk) yang mengarah langsung dengan medan magnet bumi secara akurat, ada juga yang penunjuknya bukan anak panah tapi seperti jarum, dan variasi lainnya.

Di dalam kompas, terdapat 4 buah arah mata angin yang ditunjuk dan ditandai dengan tegas yaitu Utara, Selatan, Timur, Barat. Alat ini sudah sangat membantu dalam pengembangan perdagangan jauh terutama perdagangan via air dengan membuat perjalanan lebih terasa aman dan efisien dibandingkan saat manusia masih berpatok pada bintang.

 

Kompas

Cara menggunakan kompas adalah dengan membaca bagian sinyal Pulse Width Modulation atau PWM pada pin-4 atau membaca data pada pin-2 dan 3. Sinyal PWM ini adalah sebuah sinyal yang telah dimodifikasi, lebar penyampaian (positif) dari kompas menunjukkan sudut arah.

cara menggunakan kompas
kompas dan arah mata angin

Lebar pulse berbeda-beda dari 1ms hingga 36.99ms (jangan dibulatkan jadi 37). Dengan kata lain, lebar pluse berubah setuap 100 uS tiap derajatnya.

Dari berbagai jenis kompas digital yang ada, perlu teman-teman ketahui bahwa kompas digital jenis CPMS03 adalah salah satu contoh kompas yang bagus, selain karena gambaran bisa ditampilkan menggunakan layar LCD, cara menggunakan kompas ini juga tidak bisa digunakan semua robot dikarenakan robot juga memiliki sistem navigasi berbeda-beda.

 

Jenis-Jenis Kompas

Dikutip dari situs referensi besar wikipedia, saat ini kompas dibedakan menjadi 2 jenis saja, yakni kompas digital dan kompas analog

Kompas Analog

Dikarenakan cara menggunakan kompas ini standar, kompas analog merupakan jenis yang paling sering kita lihat dalam kegiatan sehari-hari seperti ketika acara berkemah pramuka. Untuk cara menggunakan kompas pramuka juga berbeda. Berbeda dengan digital, kompas analog bisa dikatakan belum tersentuh teknologi (digital) meskipun pembuatannya oleh manusia.

Ilmu yang teman-teman pelajari dalam menggunakan kompas analog nantinya juga bisa diterapkan ketika teman-teman ingin mempelajari cara menggunakan kompas geologi, ilmu ini sangat berguna untuk teman-teman yang hobi berkemah dan jalan jalan.

Kompas Digital

Seiring dengan berkembangnya zaman, cara menggunakan kompas yang masih manual sedikit demi sedikit mulai ditinggalkan. Bukan karena ingin menghilangkan yang lama namun lebih kepada ingin mempermudah kerja manusia dan akurasi yang lebih tinggi. Sistem navigasi yang diterapkan pada kompas digital juga lebih efektif dan terjangkau.

Kompas digital diciptakan sendiri bertujuan demi melengkapi kebutuhan dunia robotika yang semakin tahun semakin baik. Robotika memerlukan navigasi yang efisien dan efektif secara teknisnya, oleh karena itulah dengan adanya kompas digital ini diharapkan dapat membantu sistem navigasi pada robot.

 

Cara Menggunakan Kompas

Kompas memiliki beberapa design yang memiliki prinsip yang sama, namun bentuknya saja yang berbeda. Untuk itu dasar-dasar penggunaan kompas sangatlah penting karena tak semua kompas memiliki bentuk yang sama, agar tidak bingung saat menggunakan kompas jenis lainnya.

cara menggunakan kompas pramuka
kompas pramuka yang bentuknya berbeda

Memahami Dasar

Sebelum memahami penggunaannya, kompas memiliki bagian-bagian yang memiliki nama dan fungsinya masing-masing, apa sajakah itu? berikut nama dan penjelasannya:

  • Baseplate, merupakan bagian ini berfungsi sebagai tempat kompas diletakkan, memiliki wujud yang bening dan dapat terlihat dengan kasat mata. Biasanya berbahan dasar plastik.
  • Panah arah, sebuah panah yang ada di baseplate, panah ini selalu menunjuk arah kebalikan dari kompas.
  • Panah penunjuk, sebuah panah yang ada di dalam rumah kompas dan bersifat non-magnetik.
  • Rumah kompas, adalah bentuk fisik dari kompas yang isinya menampung dari kompas dan penunjuknya itu sendiri.
  • Garis penunjuk, adalah sebuah garis yang digambarkan di dalam rumah kompas, fungsinya mempermudah kita untuk membaca yang ditunjuk oleh panah penunjuk.
  • Penghitung derajat, biasanya sudah di tulis di dalam rumah kompas di pinggiran dari rumah kompas. Fungsinya alat ukur bantuk untuk kita menghitung besar derajat yang dihasilkan kompas.
  • Jarum magnet, adalah sebuah jarum yang berputar di dalam kompas.

Melatih Teknis

Hal pertama yang harus teman-teman pelajari adalah cara memegang kompas dengan benar, mengapa? karena jika kalian tidak mengerti bagian mana yang harus di depan dan yang belakang. Posisikan kompas dalam bidang yang datar (misal telapak tangan) lalu usahakan huruf N atau North selalu menunjuk ke depan

Untuk awalannya teman-teman bisa memposisikan diri untuk membiasakan bagaimana mengetahui arah yang sedang dituju. Baca juga arah derajat yang sedang kalian tuju. Pastikan lagi bahwa tempat kalian menggunakannya di tempat yang datar agar penunjuk arah tidak terus berputar-putar.

Pahami penunjukkan arah utara yang konkrit dan magnetik. Teman-teman harus memahami bahwa posisi kita di bumi mempengaruhi pergerakan dari jarum yang ada pada kompas, meskipun berbeda 20 derajat, tetap saja ada kemungkinan jika utara yang dituju bukanlah utara yang konkrit melainkan utara magnetik

 

Tips Menggunakan Kompas

Agar mendapatkan tingkat akurasi yang maksimal, posisikan kompas teman-teman setinggi mata dan kemudian lihatlah arah panah untuk menemukan tujuan kalian.

Teman-teman juga bisa menggunakan kompas digital seperti di hp saya pribadi dan cara menggunakan kompas di hp android ini juga sudah disediakan dari aplikasinya, bisa kalian coba untuk berjaga-jaga saja.

Ingatlah bahwa kalian harus terus berlatih karena cara menggunakan kompas tidaklah semudah yang terlihat, bahkan kita juga bisa menggunakan kompas untuk mengetahui rute saat kita tersesat. Untuk lebih lengkapnya saya mengambil sumber dari situs berikut agar teman-teman bisa lebih memahami cara menggunakan kompas dengan benar.

Sumber

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment